Bikin NPWP Yuk!

Apa sih NPWP? NPWP adalah singkatan dari Nomor Pokok Wajib Pajak. Maksudnya?

how to make npwp_patriciaahilman

NPWP, bisa dibilang merupakan identitas lain milik kita di dunia kerja. Ketika kita mulai bekerja di perusahaan wajib pajak, pasti akan muncul pertanyaan, “Kamu sudah punya NPWP?”. Saya baru membuatnya hari ini, persiapan untuk kerja bulan depan. Saya belum tahu pasti bagaimana cara kerja NPWP di dunia pekerjaan saya. Setahu saya, dengan NPWP kita dapat membayar pajak dari penghasilan kita. Mungkin akan ada artikel sambungan tentang NPWP di blog saya nanti 🙂

Wajib pajak terdiri dari 2 jenis, yaitu wajib pajak orang pribadi dan wajib pajak badan/perusahaan. Untuk membuat NPWP orang pribadi, diperlukan beberapa syarat kelengkapan, seperti:

  • fotokopi KTP pribadi
  • fotokopi KTP istri/suami
  • fotokopi Kartu Keluarga
  • formulir pendaftaran wajib pajak

Dua hari lalu, saya mendaftar wajib pajak orang pribadi hanya dengan membawa formulir pendaftaran wajib pajak dan fotokopi KTP pribadi. Bagi mereka yang belum menikah dan ingin membuat NPWP, cukup membawa fotokopi KTP pribadi. Jangan lupa bawa aslinya, kalau-kalau verifikasi berkas diperlukan.

Permohonan pembuatan NPWP dapat dilakukan secara online maupun offline. Permohonan secara online dapat dilakukan di situs ini, sedangkan permohonan secara offline dapat dilakukan langsung di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) yang lokasinya disesuaikan dengan kecamatan domisili KTP. Berikut adalah tautan yang berisikan daftar KPP beserta daftar kecamatan yang diurus di masing-masing KPP.

http://www.jdih.kemenkeu.go.id/fullText/2012/29~PMK.01~2012PerLampII.pdf

http://blog.rivaekaputra.com/2012/05/23/daftar-lengkap-wilayah-kerja-kpp-kantor-pelayanan-pajak-di-tangerang/

Jika ingin mendaftar secara offline, sebaiknya menggunakan formulir pendaftaran yang disediakan KPP (bukan yang diunduh dari internet), karena formulir tersebut memiliki kop surat KPP yang bersangkutan. Formulir tersebut dapat diminta pada front desk di KPP (biasanya ada petugas atau satpam yang melayani).

Namun, pembuatan secara offline lebih dianjurkan karena untuk mendapatkan kartu NPWP, pemohon harus datang ke KPP. Antrian pemohon NPWP juga tidak sampai berjam-jam. Setiap pemohon kira-kira menghabiskan waktu ± 5 menit saat mengurus aplikasi dan langsung mendapatkan kartu NPWP saat permohonan selesai. Perlu diingat, jam pelayanan NPWP orang pribadi berlangsung pada pukul 8.00 – 12.00 WIB, sedangkan untuk pelayanan lainnya dilakukan pada pukul 13.00-16.00 WIB.

Pembuatan NPWP ini tidak dipungut biaya atau dengan kata lain, GRATIS. NPWP yang sudah terdaftar juga akan berlaku seumur hidup, sehingga tidak memerlukan perpanjangan kartu atau semacamnya. Seiring berlakunya wajib pajak tersebut, kewajiban pemilik NPWP muncul. Berdasarkan informasi yang saya dapat dari teman atau internet, inti kewajibannya adalah menyampaikan SPT (Surat Pemberitahuan Tahunan) sebagai laporan pertanggungjawaban pajak yang bersangkutan setiap tahun.

Mari mulai belajar bayar pajak! 🙂

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s